Minggu, 24 April 2016

“Mensyukuri Nikmat Allah”
oleh:
Syifa Nur Azizah; X.B
            Rosulullah Saw memerintahkan kita agar melihat orang yang berada dibawah kita dalam masalah kehidupan dunia dan mata pencaharian. Tujuan dari hal itu agar kita tetap mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita Rosululloh Saw bersabda yang artinya:”lihatlah kepada orang yang berada dibawah mu dan jangan melihat orang yang berada diatasmu karena yang demikian lebih patut,agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang telah diberikan padamu”.
            Nabi Saw melarang seorang muslim kepada orang yang ada diatas kita maksudnya,jangan melihat orang yang kaya,banyak harta,kedudukan,jabatan,gajih yang tinggi,kendaraan yang mewah,rumah mewah,dll. Dalam kehidupan dunia terkadang kita melihat kepada orang-orang yang berada diatas kita. Hal ini merupakan kesalahan yang fatal.dalam masalah-masalh tempat tinggal,misalnya,terkadang seseorang hidup bersama keluarganya dengan”mengontrak rumah”,maka dengan keadaannya ini hendaklah ia bersyukur karna masih ada orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal dan tidur beratapkan langit begitupun dalam masalah penghasilan,terkadang seseorang hanya mendapat nafkah yang hanya cukup untuk makan hari yang sedang dijalani nya saja,maka dalam keadaanya inipun ia harus tetap bersyukur karna masih ada orang-orang yang tidak memiliki penghasilan dan ada orang yang hanya hidup dari menggantungkan harapannya kepada orang lain.
            Sedangkan dalam masalah agama,ketaatan,pendekatan diri kepada Allah,meraih pahala dan syurga,maka sudah seharusnya kita melihat kepada orang yag berada diatas kita,yaitu para Nabi,orang-orang yang jujur,para syuhada,dan orang-orang yang shalih. Apabila para salafush-shalih sangat bersemangat dalam melakukan sholat,puasa,shodaqoh,membaca Al-Qur’an,dan perbuatan baik lainnya maka kita pun harus berusaha melakukannya seperti mereka. Dan inilah yang dinamakan berlomba-lomba dalam kebaikan.
            Dalam masalah berlomba-lomba meraih kebaikannya Allah ta’ala berfirman:”dan untuk demikian itu,hendaknya orang-orang berlomba-lomba.”(Al-Muthafifin/83:26).Rosulollah Saw memerintahkan melihat kepada orang yang berada dibawah kita dalam masalah dunia,agar kita menjadi orang-orang yang bersyukur dan Qona’ah yaitu merasa cukup dengan apa yang Allah telah karuniakan kepada kita,tidak hasad dan tidak iri kepada manusia.
            Apabila seorang muslim hanya mendapatkan makanan untuk hari yang sedang ia jalani sebagai kenikmatan yang paling besar baginya. Rosulullah Saw telah menyinggung hal ini dalam sabdanya:”siapa saja diantara kalian yang merasa aman di tempat tinggalnya, diberikan kesehatan pada badanya,dan ia memiliki makanan untuk harinya itu,maka seolah-olah ia telah memiliki dunia seluruhnya.”
            Abu dzar ra adalah teladan kita dalam hal ini beliau mencari makan untuk hari yang sedang dijalani nya,sedangkan untuk esok harinya beliau mencari lagi,beliau melakukan demikian it uterus menerus dalam kehidupan nya.

0 komentar:

Posting Komentar