Minggu, 24 April 2016

Dakwah : "Salah Satu Kunci Kebahagian"


 "Salah Satu Kunci Kebahagian"
oleh:
Reni Nuryani Rahmawianti; X.B

            Alhamdulillaah, asyhadu an laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna muhammadan anduhu warasuluhu. Alladzii laa nabiya ba’da ammaa ba’du
            Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang kunci  kebahagian yang sering dilupakan oleh manusia.  Sebelumnya, pasti banyak diantara kita yang ingin hidup dengan bahagia kan? Banyak diluaran sana orang-orang yang hidup serba ada tapi mereka terlihat tidak bahagia dengan apa yang mereka miliki. Ada juga orang-orang yang hidup sederhana tapi mereka terlihat sangat bahagia dengan apa yang mereka miliki. Mengapa bisa seperti itu? Karena orang-orang yang hidup dengan sederhana tadi selalu bersyukur kepada Allah Swt atas apapun yang telah diberikan oleh-Nya. Dan bersyukur itu merupakan salah satu kunci kebahagian, tak sedikit pula orang yang melupakan untuk bersyukur.
            Dan apa bersyukur itu? Menurut saya, bersyukur adalah ungkapan terimakasih kepada Allah Swt atas nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita semua. Menurut Ibn al-Qayyim dalam kitabnya, Madarij As-Salikin, syukur itu tampak pada bibir hamba dengan mengakui danmemuji keagungan Allah contohnya dengan mengucapkan alhamdulillaah, dalam hatinya dengan semakin menyakii dan mencintai-Nya,danpada anggota badannya dengan semakin tunduk, khusyuk, dan taat kepada-Nya.
            Apakah kita tidak malu begitu seringnya kita berbuat maksiat tetapi Allah tetap memberi penghidupan yang baik kepada kita? Maka dari itu, marilah kita bersama-sama sedikit demi sedikit bersyukur atas nikmat Allah yang tak terhitung itu dimulai dari hal-hal yang kecil. Karena dengan bersyukur juga, dapat menjadi pintu pembuka rezek. Tidak rugikan? So, jangan iri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. Bersyukur itu lebih baik dari iri.
            Rabbannaa atinaa fiddunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa adzaabannaar.
            Wassalamu’alaikum Wr. Wb. 

0 komentar:

Posting Komentar