Sabtu, 28 Mei 2016

Dakwah: "Do'a yang di Kabulkan"

"DO’A YANG DI QABULKAN"
oleh:
Lisna;X.A

Saya berdo’a kepada Allah minta di panjangkan umur atau minta di tambah rizki,adakah di qabulkan olehnya akan permintaan saya itu?

Do’a yang di maksudkan di agama, ialah meminta dengan hati yang ikhlas kepada tuhan Alloh dengan keyakinan bahwa Allohlah bias akan mengabulkan permintaannya itu. Meminta itu janganlah keluar dari pada peraturan dan sebab-sebab yang telah di atur oleh Alloh. Alloh telah menerangkan dalam al-quran bahwa ia tidaklah akan mengubah aturan yang telah di perbuatnya.

Firman Alloh dalam( QS.Al-Ahzab :62)
Seseorang yang meminta supaya bertambah rizki atau ilmu itu, mestilah lebih dahulu berusaha bekerja, untuk mencari rizki atau ilmu,karena tuhan Alloh tidaklah akan menurunkan hujan,emas atau perak atau ilmu dari langit.

Orang yang bermaksud supaya bertambah hartanya atau ilmunya tidaklah cukup dengan membaca do’a saja tetapi harus berusaha dengan kerja keras.

Dalam Quran dan Hadis-hadis Nabi banyaklah yang menyuruh kita berusaha dan bekerja. Kalau sekiranya rizki itu bias di dapati dengan semata-mata do’a saja,tentulah kita tidak di suruh oleh alloh berusaha itu,maksudnya ialah berdagang,bertani,bertukang tetapi tidak meminta-minta karena meminta-minta itu di larang oleh agama,kecuali bagi orang yang miskin.

Do’a seseorang itu bisa di qabulkan oleh Alloh,kalau ia berdo’a itu dengan sungguh-sungguh dan ikhlas sambil mengerjakan sebab-sebab yang bisa menyampaikan kepada maksud itu.umpamanya: bekerja,berdagang,bertani atau sebagainya sambil berdo’a kepada Alloh mudah-mudahan ia di hasilkan maksud itu,
Dan kalau seorang mau panjang umur, maka hendaknya ia jaga kesehatannya,dengan mengatur makan,minum,pekerjaan,tidur dengan teratur, dan menjaga kebersihan di badan,pakaian,makan,minum,dan sebagainya. Sambil ia meminta mudah-mudahan alloh panjangkan umurnya .

0 komentar:

Posting Komentar