Minggu, 29 Mei 2016

Dakwah: "Pentingnya Tafakkur dan Tadabbur"

"PENTINGNYA TAFAKUR DAN TADABBUR"
Oleh:
Fahmi Nurul Adzim; XI.C

Tafakur dalam pengertian awam artinya berpikir,memikirkan,menuangkan atau meditasi terhadap fenomena –febomena alam semesta.dalam al qur’an ,khususnya mereka yang berpengetahuan.sesungguhnya semua manusia dituntut vuntuk bertafakur,merenungkan tanda-tanda dan fenomena-fenomena alam ciptaan Tuhan,agar timbul kesadaran bahwa di balik itu ada Zat Yang Mahaagung dan Mahabijaksana,yaitu Sang pencipta.Allah swt(Q.S Ali ‘Imran[3]:190-191).
Dengan timbulnya kesadaran seperti itu,yaitu hasil dari tafakur,maka manusian akan pandai bersyukur (tasyakur)terhadap nikmat –nikmat yang diberikan oleh Allah kepada manusia.sehingga yang diberikan Allah dapat bermamf’at sebagaimana mestinya.jika manusia tidak suka tafakur,tidak mau tadabbur (meneliti) terhadap fenomena –fenomena alam ciptaan Allah swt,maka sulit untuk dapat bersyukur kepada Sang pencipta Alam ini,karena hatinya penuh dengan kegelapan yang pada akhirnya akan menjadi orang yang takabbur dan kufur (kufur nikmat) sehingga kenikmatan yang di berikan Allah kebanyakannya digunakan untuk melakukan kedurhakaan alias kemaksiatan.
Pada dasarnya islam menyuruh manusia untuk memikirkan dan merenungkan alam semesta ini dalam segala Ciptaan –Nya.dan melarang untuk memikirkan Zat Allah karena manusia tidak akan mampu kalahkan qudrat –Nya.begitulah yang diterangkan dalam beberapa riwayat yang saling menguatkan. Lalu apakah haikat dari tafakur,tadabbur dan tasyakur itu?
Tafakur adalah mentasharrufkan (mengendalikan) hati untuk merenungkan atau memikirkan makna hakiki dari segala sesuatu,demi mencapai yang di tuntut atau di cari. Untuk tafakur atau berpikir,pada zahirnya adalah dengan akal,bukan dengan hati.akan tetapi kata”Hati”menurut ulama mempunyai dua arti,yaitu,hati dalam pengertian yang zahirnya/jasmani dan hati dalam pengertian rohani.maka dalam definisi diatas hati dalam pengertian rohani yang mampu memahami sesuatu.
Istilah tafakur ini banyak di kenal di kalangan kaum sufi.menurut mereka tafakur adalah cara untuk  memperoleh pengetahuan tentang tuhan dalam arti yang hakiki.ulama mengatakan bahwa tafakur ibarat pelita hati sehingga terlihat segala sesuatu itu baik buruknya,mamfa’at dan madharatnya.
Adapun tadabbur adalah suatu gambaran penglihatan hati terhadap akibat – akibat segala urusan dan hamper sama dengan tafakur.hanya kalay tafakur itu menggunakan mata hati untuk meneliti dalil atau indikator  segala sesuatu,sedangkan tadabbur menggunakan mata hati untuk melihat akibat-akibat sesuatu itu.
Demikianlah semoga kita menjadi orang yang tafakur dan tadabbur utamnya merenungkan terhadap diri kita sendiri.dari mana asal kita ,siapa yang menciptakan kita,sedang dimna dan akan kemna kita kini?diperlukan jawaban yang jujur dari keimanan kepada Allah swt,Sang Pencipta.

0 komentar:

Posting Komentar