Minggu, 29 Mei 2016

Dakwah: "Jangan Menyepelekan Dosa Kecil"

Oleh :
Khoerunnisa R.H; XI-B

الرخيم الرحيم الرحمن الله بسم
(WASIAT RASULULLAH UNTUK WANITA)
“Jangan Menyepelekan Dosa-dosa Kecil”
الحمد لله ضمن الساعدة فى الدنيا والاخرة لمن امن و عمل الاعمل الصالحة,
اشهد ان لا اله الا الله وخده لا شريك له واشهد ان محمدا عبده ورسوله الذى لا نبي بعده .
عن عائسة قالت : قال لي رسول الله صلى الله عليه و سلم : يا عائسة اياك ومحقرات الاعمال فان لها من الله طالبا.
Dari ‘Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda kepadaku :” Wahai ‘Aisyah, jauhilah olehmu perbuatan-perbuatan tercela, karena sesungguhnya perbuatan-perbuatan itu akan dituntut oleh Allah.” (H.R Ibnu Majah)
Dalam hadits ini Rasulullah SAW. Memperingatkan umatnya melalui ‘Aisyah r.a. menangani perkara yang sangat penting, namun banyak diremehkan oleh manusia. Perkara itu adalah dosa-dosa kecil. Kebanyakan dari kita menyepelekan dosa-dosa kecil itu. Padahal jika terkumpul terus pada diri seseorang, maka dosa-dosa kecil itu dapat membinasakannya. Allah SWT. Memperhatikan dosa-dosa kecil itu karena orang tesebut senantiasa melakukan dan meremehkannya hingga terkumpul jumlah yang sangat besar. Bukankah gunung yang besar itu hanya berupa kerikil-kerikil dan bebatuan kecil. Karena itu terkadang kebinasaan pada diri seseorang hanya diakibatkan dosa-dosa kecil yang kerap dilakukan dan tidak dipedulikannya. Ia pun memohon ampunan kepada Allah SWT. Atas dosa-dosa tersebut, hingga menjadi sangat besar disisi Allah SWT.
Dalam hadits ini terdapat 3 faedah hadits :
Tidak boleh meremehkan dosa sekecil apapun, karena gunung-gunung yang besar itu tidak lain terdiri kerikil-kerikil.
Tanda-tanda cinta kepada Allah SWT adalah dengan menjauhi maksiat kepada-Nya dan melakukan tindakan preventif untuk tidak terjerumus dalam perbuatan maksiat dengan cara menjauhi faktor-faktor yang dapat menyebabkannya.
Mengetahui faktor-faktor penyelamat dari jurang kemaksiatan agar kita dapat menempuh jalannya.
Jika kita simpulkan, dosa sekecil apapun yang kita lakukan Allah akan tetap mengetahuinya. Karena Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahui.
Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, mohon ma’af apabila banyak kesalahan. Semoga bermanfa’at baki kita semua khususnya bagi saya sendiri.
اقول  قولى هذا اسثغفر الله لى ولكم والسلام عليكم ورحمة الله وبركاثه.

0 komentar:

Posting Komentar