Minggu, 29 Mei 2016

Dakwah: "Sabar"

“Sabar”
Oleh:
Ayu Rekno Kusuma Dewi; X.A

Seorang muslim harus memiliki akhlakul karimah. Salah satu dari sekian banyak akhlakul karimah adalah Sabar. Karena sabar adalah ciri orang yang mukmin. Sabar merupakan daya positif yang mendorong jiwa.
Sabar adalah cahaya, sabda Rasulullah saw. Artinya kesabaran merupakan hidayah yang datang dari Alloh yang berupa sebuah penerangan yang membimbing seseorang untuk mengenal Tuhan dan rasulNya.
Ketahuilah bahwa sabar dalam menghadapi segala masalah diperlukan juga. Di ibaratkan badan tanpa kepala, maka rusaklah badan tersebut, demikian pun sabar dari suatu urusan, maka rusaklah urusan itu.
Jika ingin mengukur sejauh mana keimanan dan kesabaran seseorang, maka Alloh akan melimpahkan ujian atau cobaan. Ujian atau cobaan adakalanya berupa kenikmatan dan penderitaan, maka sifat sabar sebagai penawar yang akan memancarkan sinar yang ia tidak akan jatuh kepada kekufuran.
Orang yang mampu belajar dalam menghadapi ujian atau cobaan , maka derajat kemuliaanya akan di tinggikan oleh Alloh. Dan sabar yang dimaksud ialah bertahan pada iman dan tidak mengeluh saat diberi cobaan yang tidak menyenangkan. Jika cobaan atau ujian itu di hadapi dengan ikhlas, sabar dan tidak mengeluh maka Alloh akan memudahkan urusan. Jika ia tidak sabar, berarti ia gagal dan masuk dalam kategori orang yang berputus asa.

0 komentar:

Posting Komentar